[Supercoolday] Perburuan Sengit Mencari Gedung

Screen Shot 2013-03-13 at 8.34.23 PM

Setelah saya melamar Dea, hal pertama yang menjadi prioritas kami adalah booking gedung. Saya mendapat cerita dari beberapa teman bahwasannya booking gedung itu sulitnya bukan main. Dan ternyata memang benar adanya. Hahaha… Awalnya sih saya belum begitu sigap yah, jadi ya santai aja liat-liat yang ada gedung apa aja sih di kisaran BSD dan area TB Simatupang. Sempet sebelum saya melamar Dea, kita ngeliat-liat pameran wedding gitu. Terus langsung overwhelming gitu pas dateng ke booth dan pas ditanya rencananya mau kapan kita jawab tahun ini, mereka pada panik “waahh udah mepet banget yaahh.” hahahaha gile gile, tapi ya udah lah ya, kita sambil lalu aja, toh belum ada tanggal ato perkiraan jumlah undangan kala itu.

Nah baru kerasa hunger gamesnya itu pas kita udah punya perkiraan tanggal dan jumlah undangan plus preferensi lokasi yang kita pengenin. Itu klo gak tempatnya kita suka tapi lokasinya jauh, tempatnya kita suka tapi budgetnya gak ada, tempatnya kita suka tapi tanggalnya full booked, terus ada yg budget masuk dan lokasi strategis tapi gedungnya gak oke, wah parah deh. Sulit banget bisa nemu tempat yang sesuai selera, masuk budget, lokasi strategis, dan masih available untuk waktu yang kita inginkan. Satu fakta yang saya temukan, kalau mau cari gedung yang bener-bener sesuai spec, cari dari 1,5 tahun sebelum hari H. Ini beneran lah, ada gedung yang menurut saya oke banget, eh tapi dia udah full booked sampai bulan Mei 2014 (bahkan Mei 2013 aja belum).

Jadi untuk melakukan perburuan, yang saya lakukan adalah mencari (sebenernya dicarikan Dea sih) list gedung ato lokasi apa aja yang kira-kira masuk range kita. Ada beberapa point yang menjadi pertanyaan saya, kapasitas lokasi, ketersediaan tanggalnya, harga, besar lokasi parkirnya, dan beberapa keterangan tambahan. Di awal, saya telpon-telponin nih untuk melakukan filter mana yang patut untuk didatangin mana yang udah gak perlu dikunjungin juga. Beberapa gedung yang saya coba telpon itu ada Aula Mesjid Raya Pondok Indah, Arkadia Nestle, Elnusa, Antam, Deptan, Rumah Kriya Aria, Golf Pondok Indah, Sucofindo, Omah Pawon, Balai Kartini, dan masih banyak list lainnya. Saya sampai cuti sehari dari kantor buat survey-survey lokasi dan belum ada yang bisa klik antara gedung dan kita.

Nah, Senin kemaren, ada satu gedung yang kita anggap sesuai dengan spec kita dan belum ngasih tanggapan (apakah tersedia atau tidak). Seminggu yang lalu saya sempat nelpon sih ke gedung itu dan katanya masih ada untuk waktu yang kami inginkan. Tapi ngelihat kebrutalan perebutan gedung di Jakarta ini, saya agak was-was apakah masih ada? Soalnya waktu di Alam Sutra Sport Center, pas kita dateng, udah ada ibu-ibu yang ternyata ngincer di bulan yang sama -_-a. Pas Senin saya telpon kantor, gak diangkat. Saya telpon berulang-ulang akhirnya ada yang ngangkat. Katanya yang mengurus gedungnya sedang cuti. Karena saya sudah masuk mode hajar bleh, saya agak maksa aja minta no HPnya. Dapet no HPnya, saya telpon gak diangkat. Saya SMS, gak lama dia bales lagi cuti. Lalu saya tanya, apakah ada orang lain yang bisa saya hubungi, ternyata tidak ada. Jadi saya harus menanti dengan was-was sampai hari Rabu mengenai ketersediaan gedung. Selasanya saya meeting dadakan sama dea nyiapin list batch 2 yg harus ditelpon worst case gedung itu kita gak dapet. Jadi kita di PIM, nyari lagi gedung dengan spec yang cukup negotiable dengan keinginan kita kayak di depnaker, hankam veteran, gudang gambar, pendopo kemang, De La Rosa, Rumah Saya, dan banyak lainnya. Saya sudah siap-siap telpon hari Rabu andai si gedung ini gak available.

Hari Rabu pun tiba. Saya dari jam 7 pagi udah SMS pengurus gedungnya dan nelponin berulang-ulang ke kantor beliau. Sampai jam 9 masih gak diangkat juga, yaudah saya rock n roll aja samperin gedungnya. Di jalan menuju lokasi gedung tersebut, tiba-tiba telpon saya berdering. Saya lihat oh itu dari Bundanya Dea. Saya angkat telpon dan Bunda ngabarin kalau sudah berhasil nelpon gedung tersebut dan menanyakan mau pilih tanggal berapa. Ternyata ada beberapa tanggal yang available di range waktu yang kita mau. Kebetulan saya ada meeting di daerah gedung tersebut kan, jadi saya abis jemput anak-anak Arsanesia dari pool travel, saya drop di tempat meeting dengan client, lalu saya tinggal liat gedung bentar :p

Sampai di gedung, tanpa disangka saya bertemu dengan Ibunya teman SMP saya yang sama-sama mau ketemu pengurus gedung itu. Bedanya saya ingin booking, Ibunya teman saya itu WO yang mau ngadain acara di gedung itu dalam waktu dekat. Hehehe. Di saat Ibunya ngobrol sama pengurus gedung itu, saya agak shock karena banyak banget hal-hal kecil dan perentilan yang Saya sama sekali luput ternyata itu penting untuk kelancaran dan kenyamanan acara. Saya jadi berpikir apa pakai WO juga aja yah yang udah pengalaman? Tapi yasudahlah, akhirnya saya bertemu dengan pengurus gedung tersebut. Memastikan paket yang ada, rekanan vendornya, harganya, dan setelah semuanya udah oke, mau langsung dibooking aja. Terus katanya jangan di booking dulu, dia sudah lock tanggal tersebut dan meminta saya datang dulu ke acara di gedung itu barang sekali dua kali, liat kualitas gedung dan vendor yang saat itu mengurusi pernikahan, jadi shadow guest buat ngeliat crowd dan spot lokasi, klo udah oke, baru booking. Waah baik bener. hehehe yasudah, akhirnya next step Saya dan Dea adalah mengunjungi gedung tersebut di saat ada acara pernikahan lalu kami akan putuskan akan memilih gedung itu atau tidak, lalu akan pakai vendor itu juga atau tidak.

Semoga urusan persiapan hari H ini lancar deh. Alhamdulillah banget bisa dapet gedung yg strategis dan available di waktu yang kami inginkan. Klo gedung nanti udah fix, kan ngurus-ngurus perintilan lainnya bisa lebih tenang soalnya emang gedung di jakarta ini barbar banget perebutannya dan sulit banget nyari yang sesuai dengan spec kita.

One thought on “[Supercoolday] Perburuan Sengit Mencari Gedung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s