[Supercoolday] Pertimbangan Memilih Venue

Moto Album Foto
Moto Album Foto

Alhamdulillah gedung sudah dibukukan jadi sudah aman lah yah. Duh, pelik sih emang nyari gedung itu soalnya ternyata brutal sekali mencari gedung di Jakarta itu. Sebelum mulai hunting gedung yang paling penting adalah nentuin spesifikasi gedung yang mau dipesan seperti apa. Kalau saya dan Dea, kami ada beberapa pertimbangan utama dalam memutuskan tempat supercoolday nanti.

Pertama yang menjadi pertimbangan utama kami adalah posisi venue. Posisi venue ini akan sangat menentukan sekeras apa pertempuran dalam perebutan gedung nanti. Biasanya posisi venue mengikuti domisili keluarga pihak wanita, dalam hal ini daerah rumahnya Dea. Akhirnya dipilihlah venuenya area BSD. Namun untuk jaga-jaga karena daerah BSD belum banyak gedung untuk pernikahan, akhirnya rangenya diperluas menjadi area TB Simatupang dan pondok Indah.

Setelah dapat posisi kira-kira mau dimana, selanjutnya kita bisa menimbang kapasitas venuenya kira-kira kita mau mengundang berapa orang. Ini penting banget soalnya ketika kita nanya-gedung nanti, biasanya kita akan ditanya untuk undangan berapa orang? Jadi dari sebelum hunting gedung kita harus sudah siap dengan perkiraan jumlah undangan berapa banyak, sejauh apa yang ingin kita undang, dan lain sebagainya. Kalau dari kami, sebenernya kami sih tidak ada konstrain mengenai harus berapa banyak yang diundang, jadi ya kita balik tanya ke gedungnya, kapasitasnya buat berapa. Namun tentu kami sudah menentukan perkiraan minimal maksimal berapa undangan yang ingin kami undang sehingga kalau ada venue yang sudah jelas-jelas terlalu kecil, tidak kami follow up (atau terlalu besar).

Lalu berikutnya adalah perkiraan tanggal menjadi pertimbangan untuk menentukan venue. Sebaiknya kita udah punya tanggal fix, atau minimal bulan fix deh kapan kita ingin melaksanakan pernikahan. Selain untuk mengecek ketersediaan gedung di tanggal tersebut, dengan ada tanggal fix, kita bisa langsung taro nama di gedung tersebut. Mengenai taro nama ini, tiap gedung punya kebijakan masing-masing. Ada yang dikasih taro nama dari hari H kita nelpon pengurus gedung hingga rentang waktu tertentu (misal 5 hari kerja) sehingga kita diberikan waktu utk survey lokasinya terlebih dahulu. Ada juga yang sekali taro nama ya sudah dianggap sudah booking. Ada juga yang kita harus langsung bayar sekian persen kalau mau ngunci tanggal tersebut dari orang lain. Oleh karena itu, tanggal amat sangat penting demi menjaga ketersediaan gedung di waktu tersebut.

Kemudian yang selanjutnya adalah fasilitas gedung tersebut. Kita harus memastikan apakah kita ingin outdoor, indoor, apakah ingin parkiran yang seberapa luas, atau tidak masalah jika parkirannya di gedung sebrang/sebelah karena parkiran di tempat tersebut tidak cukup. Kami juga memperhitungkan mengenai penggunaan lift jika venuenya di lantai yang tinggi. Saya dan Dea sangat menghindari gedung yang perlu menggunakan lift untuk sampai di venue karena kasian tamunya kalau harus nunggu lift dulu kalau mau masuk dan keluar. Jadi memang fasilitas gedung ini tidak boleh luput dari pantauan kita jika ingin memesan gedung agar tamu bisa nyaman.

Dan yang terakhir dan paling penting adalah budget untuk gedung. Perlu diingat bahwa selain gedung, masih ada hal lain yang perlu dialokasikan dananya seperti vendor dan segala pernak-perniknya. Jadi kita harus tahu kira-kira ingin mengeluarkan berapa banyak uang untuk menyewa gedung saja. Kalau dari saya dan Dea, kami sebenernya tidak ingin menghabiskan budget yang besar hanya untuk resepsi satu hari saja, rasanya akan lebih baik kalau uang yang sedemikan besar bisa dialokasikan untuk kehidupan pasca supercoolday nanti. Namun tentu kami harus tetap memberikan jamuan yang terbaik yang bisa kami lakukan untuk kerabat dan keluarga nanti. Tapi jangan salah, gedung yang murah ternyata belum tentu tidak bagus loh. Banyak gedung yang harganya di bawah rata-rata, tapi posisi strategis, ruangannya besar dan nyaman, lalu fasilitasnya lengkap, tapi biasanya gedung seperti itu sudah full booked sampai satu setengah tahun ke depan :p Kami cukup beruntung bisa dapet gedung yang posisinya sesuai dengan yang kita mau, ukurannya sesuai dengan jumlah undangan yang kita siapkan, tanggalnya tepat seperti yang kami rencanakan, dan fasilitasnya semua seperti yang kami inginkan šŸ™‚ Rasanya mencari gedung ini ibarat mencari jodoh, kalau memang waktunya tiba, pasti ketemu yang bener-bener pas buat kita šŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s