[Supercoolday] Lamaran dan Kenalan Keluarga Besar

Pakde Bambang Melamarkan Saya
Pakde Bambang Melamarkan Saya

Akhirnya tiba saatnya untuk kenalan keluarga besar 🙂 Tapi sebelum kesana, Saya akan cerita dari H-1 dulu. Seperti layaknya acara lamaran keluarga, tentunya yang tamu (pihak laki-laki) akan bawa hantaran buat tuan rumah (wanita). Biasanya isinya makanan dan kue-kue gitu. Selain itu, dari orang tua laki-laki terkadang memberikan tanda kasih, bisa berupa perhiasan, tas, baju, iPad mini mungkin, dan lain-lain. Hari Sabtunya, Saya nganterin Ibu mempersiapkan hal-hal yang belum beres. Sabtu siang, tujuan pertama adalah ke Bintaro. Di sana ada toko kenalan Ibu untuk membeli tanda kasih dari Ibu ke Dea. Kalo beli di toko yang sembarangan, takut ditipu mengenai harga atau kualitas, jadi biar aman, belinya di tempat yang kita percaya. Habis dari Bintaro, ke Margonda untuk beli buah-buahan. Sialnya, di jalan tol bintaro macet banget. Dan lebih sial lagi, di tengah kemacetan jalan tol, ada ABG yang nabrak mobil Saya dari belakang -_- (kapan-kapan saya post deh peristiwa tersebut, saya ada foto yg nabraknya juga, hehehe). Di Lenteng Agung juga macet parah. Akhirnya sampe margonda udah sore, pilih-pilih buah, lalu ditata dan dihias, lalu kami melanjutkan perjalanan ke jalan Nusantara. Super macet jugaaaa!!!! Saya dan Ibu ke jalan Nusantara buat nyari tempat yang jual kotak hantaran, dan nemu tempatnya nyempil banget di pertigaan jalan. Karena tadi sempet kelewat (saking kecilnya), Saya puter balik dan parkir di seberang toko. Ibu yang jaganya baik banget dan ngasih diskon tanpa diminta 🙂 Terakhir Saya ke Hankam buat ambil baju yang mau Ibu pakai untuk acara besok. Sampe rumah udah malem banget, langsung makan malem, beres-beres, terus tidur.

Toko Kotak yang Nyempil
Toko Kotak yang Nyempil

Lanjut, Hari-H 🙂 Saya bangun pagi, mandi, dan siap-siap pakai batik. Pukul setengah 8, sodara-sodara sudah mulai datang ke rumah. Ibu sudah siapkan nasi uduk biar sodara-sodara bisa sarapan dulu. Yang membuat saya terharu, ternyata banyak banget yang bisa dateng hari itu :’) Yang dari Bogor dateng, dari Bandung dateng, bisa dibilang hampir full tim tuh. Mana banyak ponakan-ponakan yang lucu dan gemesin. Hehehe. Jam 9 teng rombongan berangkat dari rumah di Depok. Kita sempet berhenti dulu sebentar di rest area karena ada yang gak ke rumah tapi ketemuan di sana aja biar efektif rutenya. Setelah lengkap, langsung menuju ke tempat Dea.

Sampe komplek rumah dea, sepupu-sepupu pada bawa hantaran, lalu kami ramai-ramai menuju rumah Dea. Sampai di depan rumah, kami sudah disambut dan dipersilahkan masuk. Suasana di rumah Dea agak beda dari biasanya, selain karena ramai banget banyak saudara dari Dea hadir di sana, dekorasi rumah Dea ada yang berbeda. Ada kain tenun yang biasa dipakai dipelaminan yang dibentangkan di tembok rumah Dea. Buat keluarga Saya yang gak ada orang lampungnya, tentu kita semua pada excited dengan nuansa lampung tersebut. Setelah kami semua masuk dan duduk, MC membawakan acara dan membuka acara.

Acara pertama adalah sambutan dari Keluarga Dea yang disampaikan oleh Ayahnya Dea, serta menanyakan maksud tujuannya apa dateng ke rumah (ya ini formalitas aja sih, sebenernya udah tau jg, hehe). Dari keluarga aku, Pakde Bambang (kakak kandung Ibu) yang menyampaikan maksud tujuannya dateng, yakni ingin melamarkan aku agar diizinkan menikah dengan Dea. Ayah menjawab lamaran tersebut dengan sangat gembira dan juga haru. Tak hanya itu, Ayah juga memberikan nasihat untuk Saya dan Dea. Setelah itu, acara berikutnya adalah perkenalan keluarga. Mang Iie (saudara kembar Bapak) memperkenalkan rombongan yang hadir dari keluarga Saya lalu gantian dari keluarganya Dea. Nah, klo di adat Jawa (yang biasanya saya begitu), udah acaranya sampai situ terus makan. Ehhhh,,, ini ada acara tambahan khas lampung yang bikin saya cukup shock :p

Sungkem sama Tamong ( Nenek)-nya Dea
Sungkem sama Tamong ( Nenek)-nya Dea

Ada acara dimana sesepuh yang dituakan membawakan sebuah acara adat, yakni menanyakan langsung kepada Saya beberapa pertanyaan. Pertanyaannya ada tiga, pertama sudah berapa lama saya mengenal Dea, kedua apakah saya sudah benar-benar yakin ingin menikah, dan yang ketiga … ini nih … apa yang membuat Saya memilih Dea. Pertanyaan pertama saya jawab dengan sedikit bercerita asal muasal saya bertemu Dea (yakni mulai dari se-Madrasah hingga satu jurusan) yang kalo diitung-itung udah hampir 7 tahun kenal Dea. Pertanyaan kedua, tentu saya jawab dengan yakin dan sudah siap untuk menikah 🙂 Pertanyaan ketiga nih yang susah jawabnya, hahaha… Lalu saya agak takut juga soalnya jawabnya diselingi dengan bercandaan dan bikin orang ketawa, takutnya harusnya ini dijawab dengan serius, tapi mau gimana -_- Abis ditanya begitu. Nahhh untungnya gak cuma Saya, Dea juga ternyata ditanyain pertanyaan yang sama. ahahahahaha…

Foto Keluarga di Depan Kain Khas Lampung
Foto Keluarga di Depan Kain Khas Lampung

Setelah prosesi di atas, baru kami makan siang, sambil mencoba mengenal lebih dalam kedua keluarga. Suasananya sangat cair dan informal, jadi enak buat kenalan sama calon keluarga baru. Lalu karena di keluarga Saya emang gak ada darah Lampung, kita sangat norak melihat hiasan pelaminan khas lampung itu, jadilah pada foto-foto di sana -_- hahaha. Setelah puas foto-foto, selesai makan, acara ditutup dengan Ibu memberikan cindera mata dan tanda kasih untuk Dea, lalu ditutup dengan Doa dan ucapan pamit dari Pakde Bambang. Sebelum pulang, dari keluarga Dea memberikan oleh-oleh berupa makanan yang cukup banyak. Ada pempek dan rendang yang sudah dimodif untuk lidah saya yang tidak kuat pedas :p hehehe

Alhamdulillah acara lamaran dan kenalan keluarga besar berlangsung lancar, haru, dan bahagia. Satu langkah lagi lebih dekat menuju supercoolday 🙂 Semoga ke depannya terus diberi kelancaran dan kemudahan, amin.

One thought on “[Supercoolday] Lamaran dan Kenalan Keluarga Besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s