[Supercoolday] Rumus Hitung Jumlah Piring

altAs9WkgudOWBDlmP4XcmA-tgEsL2Gf799d1mRP4LQp-32_jpg

Sebelum hari H, biasa di rumah diadakan rapat koordinasi dengan keluarga dari pihak saya. Kita mendetilkan kembali berbagai hal teknis hingga akhirnya masuk ke bagian katering. Pas dilihat jumlah menu yang dipesan, bude saya ada yang memberikan masukan terkait cara memesan menu makanan agar jumlahnya tidak kekurangan. Ada dua bude yang cerita, jadi ada rumus A dan rumus B. Kita coba dari rumus A dulu yah.

Rumus A. Misalkan jumlah kepala yang kita estimasikan akan hadir ada 1.000 biar gampang itungnya. Maksimal, kita pesan untuk di prasmanan itu 60%-nya (itu pun sudah kelebihan). Jadi kita taro 600 porsi di buffet. 1.000 kepala dikurang 600 porsi buffet adalah 400. Nah 400 ini dikali 5, jumlahnya 2.000. Jadi, jumlah buffet 600 + 2000 = 2.600. Sehingga, jumlah kombinasi buffet dan gubuk yang kita pesan piringnya harus sama dengan 2.600 piring (terserah kombinasinya gimana).

Rumus B. Lebih mudah hitungnya, yakni jumlah kepala yang diundang dikali 3. Misalkan tadi 1.000 kepala, maka dikali tiga jadi 3.000. Sehingga, jumlah piring yang nanti kita pesan di buffet dan gubuk harus sama dengan 3.000 piring.

Dengan dua rumus itu, pengalaman bude-bude saya yang telah menikahkan beberapa anaknya, selalu kelebihan. Bahkan sebenernya dengan rumus A pun sudah lebih dari cukup. Tapi terkadang hati suka tidak tenang dan takut makanan habis di tengah acara sehingga kita beralih menggunakan rumus B. Kalau untuk saya sendiri, kebetulan tidak menggunakan rumus ini, tapi angkanya pas di (hasil rumus A + hasil rumus B) dibagi 2. Semoga makanannya cukup yah nanti hari H 🙂

*sedikit tips, jadi klo katering itu ngitungnya jumlah piring. Klo piring masih ada makanan udah habis, bakal di refill. Tapi klo piring udah abis makan masih ada, gubuk ditutup. Biar meringankan yang punya acara, jangan sering-sering ganti piring yah. Klo perlu bawa piring sendiri :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s