Daftar Belanja Untuk Perlengkapan Bayi

Menjelang kelahiran si bayi, istri saya sudah menyiapkan berbagai kebutuhannya nanti. Belanja pertama yang kami lakukan kalau tidak salah ketika usia kandungan 5 bulan. Katanya ada tradisi dimana baru boleh belanja untuk bayi kalau udah 6 bulan yah? (ada yang pernah denger?). Tapi saya dan Dea mikir mending dicicil dari awal biar gak kerasa berat dan kalau udah keburu kandungannya besar, bakal repot kalau harus keliling-keliling.

Saya pribadi sih orangnya lebih santai jadi kalau untuk saya beli yang seperlunya dulu aja, nanti klo ada yang kurang-kurang baru ditambah sambil jalan. Tapi kalau Dea orangnya lebih full prepare sehingga hari ini kami sudah punya sekitar 70-80% kelengkapan bayi untuk seenggaknya sampai usia 6 bulanan. Jadi kadang Dea mau beli sesuatu yang sebetulnya masih belum perlu sekarang, saya yang suka ngelarang-ngelarang :p Mungkin emang naluri seorang ibu yang mau punya anak pertamanya gini yah? Atau emang saya yang terlalu santai? Hahaha

Daftar Belanja Bayi -3
Belanja Pertama Kami di Bandung

Untuk belanja kebutuhan bayi new born ini istri saya sudah riset sana sini. Nanya ke temen-temennya yang udah punya baby, minta list barang-barang yang mereka beli, googling-googling di internet, dan baca banyak thread di forum-forum online. Hasilnya adalah sebuah file excell yang isinya ada berbagai kebutuhan yang perlu dibeli mulai dari pakaian, alat untuk tidur, alat untuk mandi, alat untuk ASIP dan kebersihan, hingga berbagai baby gear. Kalau belum cukup takjub, file excell itu detil banget sampai ada jumlah yang harus dibeli, merk apa yang cocok untuk dibeli, sampai tempat dimana benda itu bisa dibeli dengan harga yang paling murah (baik itu offline maupun online). Jadi kerjaan Dea selama mempersiapkan list ini full riset berbagai toko online, rekomendasi toko offline, dan membandingkan harga-harga di tiap toko. Jadi klo misalkan lagi di mall, terus ngeliat suatu barang dengan merk tertentu, Dea udah hapal di luar kepala tuh klo di toko lain harganya berapa 😀 Luar biasa.

Dea udah milih barang yang harga dan merknya kelas menengah. Jadi gak yang terlalu murah (untuk barang-barang tertentu sih gpp beli yang murah), tapi juga gak yang terlalu mahal. Jadi klo dari kelas 1-5, rangenya yang kelas 3 lah yang dibeli. Untuk mendapatkan barang-barang ini pun, kami jabanin ke ITC Kuningan, ITC BSD, ITC Mangga Dua, sampai ke toko bayi di Bandung 😀 Nanti di postingan berikutnya saya akan share toko-toko apa saja yang direkomendasikan oleh istri saya untuk belanja-belanja keperluan bayi baik yang online maupun yang offline yah 🙂

Demo masang box bayi
Demo masang box bayi

Sekarang saya ingin share list barang-barang apa saja yang perlu disiapkan untuk dibeli menurut Dea. Tapi jangan khawatir, biasanya toko-toko juga punya listnya sendiri kalau kamu kebetulan lagi lewat toko bayi tertentu. Untuk list excell lengkapnya belum dirapihin karena masih banyak catetan2nya Dea. Kalau kamu berminat, silahkan tinggalkan email kamu atau mention saya di twitter yah, nanti saya kirimkan file excell yang lengkapnya abis selesai di edit-edit.

List kebutuhan bayi
List kebutuhan bayi

Nah dari list itu, masih ada nih barang-barang yang belum kita beli dan baru mau dibeli abis lahiran. Jadi kalau berniat ngasih kado buat baby-nya atau buat Dea, ini daftar barang yang belum kita beli.

  • Baby Stroller
  • Dish Dryer
  • Gendongan Baby Newborn
  • Baby Carrier
  • Bottle Warmer
  • Mainan Gantungan Box
  • Baby Playmat/Playgym
  • Termometer Telinga

Advertisements

186 thoughts on “Daftar Belanja Untuk Perlengkapan Bayi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s