USG 4D di Klinik Sehati Summarecon Serpong

Salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sangat membantu calon orang tua adalah teknologi USG 4D. Sesungguhnya saya juga bingung dimensi keempat yang dimaksud di sini apa yah? Karena klo secara umum, bedanya USG 4D dengan yang biasanya adalah di 4D kita bisa melihat wujud janin dalam aksis x, y, dan z. Apa mungkin dimensi ke-4nya warna? Ya pokoknya begitu deh namanya hehehe.

Istri saya sudah googling2 harga USG 4D dan emang berencana mau ambil paket USG 4D ketika janinnya udah usia 6 bulan. Harganya beragam, ada yang satu sesi satu jam (30 menit kurang lebih) sejutaan, ada yang yang lima ratus ribu, ada juga yang harganya sama kayak USG 4D biasa. Waktu pertama coba ke RSIA Buah Hati, ternyata alat yang digunakan untuk USG sudah 4D. Jadi waktu itu langsung deh di 4D, tapi tetep ngerasa durasinya kurang lama :p

Alhasil dari pencarian Dea, dapet deh tempat USG 4D yang cukup terjangkau di daerah Summarecon Serpong. Nama tempatnya Klinik Sehati. Kalau gak salah range harga USG 4D 300-350rb. Lokasinya di Ruko Vonorez Jalan Raya Kelapa Puan Blok CA 24 No. 16-17 Gading Serpong Tangerang. Telpon 021-5420 5365. Itu juga tempat prakteknya dr. Ong yang klo mau diperiksa sama dia harus antri sebulan sebelumnya :p Dokter terkenal gitu di Bethsaida Summarecon Serpong.

Akhirnya pas usia kandungan udah 6-bulanan, kami berdua iseng ke sana. Pas dateng, agak sepi tempatnya. Mungkin karena hari kerja dan masih pagi kali yah. Daftar dulu di depan, cek tensi darah, terus nunggu dipanggil. Oh ya, kita gak sama dr. Ong, sama siapa aja yang ada pokoknya dan ngantrinya gak lama hahaha.

Pas masuk ke ruang periksa, wow canggih banget tempatnya. Alat USG-nya keliatan gaul gitu. Dan yang paling keren, buat suami disediain sofa untuk bisa duduk nyaman ngeliat USG 4D di layar lebar. Hahaha Terus alatnya juga canggih. Bisa ngecek klo ada lilitan, mendengar dan mendeteksi detak jantung dan aliran darah, dan lain-lain. Jadi selama setengah jam, si dokter sibuk ngecek semua organ tubuh bayi sampai ke jumlah jari-jarinya. Lengkap banget.

Kita bisa sambil nonton ngeliat bayinya gerak-gerak. Terus bisa ngeliat mukanya dengan jelas. Keliatan mulutnya mirip saya :’) Hahaha Tapi mukanya pas lagi diperiksa hari itu gak begitu keliatan jelas gara-gara ketutupan plasentanya dia -_- Hahaha Kalo maunya sih periksa lagi USG 4D bulan berikutnya siapa tau keliatan mukanya lebih jelas :p hahaha tapi enggak segitunya kok.

Oh ya, buat yang mau ke klinik Sehati ini, perlu diperhatikan klo di sini hanya menerima cash -_-a Sempet bingung juga karena gak bawa cash dan biasanya bayar pakai kartu. Untung di mobil selalu simpen cash just in case. Hehehe. Pokoknya 300rb untuk setengah jam puas dan worth it banget 😀

Kecanduan USG

Kalau di trimester awal, kita harus periksa ke dokter kandungan 2 minggu sekali untuk ngecek perkembangan janinnya. Fase ini bisa dibilang merupakan kondisi yang masih rawan dan ringkih sehingga butuh pemeriksaan rutin. Di awal-awal ini juga merupakan momen dimana saya dan istri lagi survey rumah sakit. Jadi yang harusnya 2 minggu sekali, kami bisa tiap minggu ke rumah sakit karena masih banding-bandingin satu sama lain.

Setiap USG, rasanya excited banget. Awalnya cuma ngeliat kantongnya aja. Terus bulan depan ada titik sekecil biji wijen. Itu aja udah heboh pas USG. Lalu lama-lama mulai tumbuh yang dari seukuran anggur, seukuran apel, sampai udah keliatan bentuk bayinya. Kemudian juga yang berkesan momen ketika detak jantungnya pertama kali terdengar. Hahaha Itu heboh banget saya dan istri.

Pas trimester dua, kontrol cuma sebulan sekali. Rasanya tiap bulan gak sabar nunggu kapan buat sesi USG berikutnya. Baru pas trimester ketiga balik masuk ke dua minggu sekali. Di sini bahkan bisa ngeliat gerakan anaknya. Belum lagi nanti pas USG 4 dimensi (saya buat di postingan terpisah yah tentang USG 4D). Ngeliat perkembangan dari bulan-ke-bulan, minggu-ke-minggu, rasanya semakin gak sabar untuk ketemu langsung sama anaknya.

Beneran sempet iseng googling harga USG :p
Beneran sempet iseng googling harga USG :p

Apalagi pas di dalam kandungan ni anak udah bisa nendang-nendang sampai bikin bentuk perut istri saya bergelombang, sudah bisa diajak ngobrol dan bercanda dari luar, hihi Rasanya pengen USG tiap hari biar ketemu dan ngeliat bayinya terus. Malah saya sempet googling2 yang jual alat USG :p Eh nemu loh ada alat USG yang bisa colok langsung ke laptop via USB. Tapi saya gak sampe beli sih hihihi